Bagian penting Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah susunan KH Hasyim Asy’ari yang tidak diterangkan oleh Ustad Adi Hidayat (2)

Sejak tulisan kami Bagian penting Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah susunan KH Hasyim Asy’ari yang tidak diterangkan oleh Ustad Adi Hidayat (bagian 1) diterbitkan, sampai hari ini tulisan itu masih cukup sering dikunjungi. Data statistik yang ada bukan mesti menunjukkan banyaknya jumlah orang yang membaca, sebab mungkin saja memang dibaca seluruhnya, hanya sebagian saja atau tidak dibaca sama sekali.

Dari sebagian orang yang membaca, kami memperoleh komentar tentang tulisan itu, ada yang ditulis langsung pada kolom komentar di bawah tulisan itu, ada juga ditulis di kolom komentar di YouTube.

Dari komentar yang kami baca, kami dapat melihat bahwa sebagian besar pembaca mengatakan memang fakta bahwa Ustad Adi Hidayat telah melompati bagian penting Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah.
Hanya sebagian kecil tidak percaya bahkan menuduh bahwa bagian penting yang kami sampaikan itu tidak ada dalam Kitab tersebut, Ada yang ingin minta bukti dengan Kitab aslinya yang berbahasa Arab. Walaupun golongan ini adalah sebagian kecil dari komentar, namun kami rasa perlu juga menanggapinya, karena komentar yang sedikit itu mungkin mewakili orang banyak yang tidak percaya, tetapi tidak mengungkapkan isi hatinya.

Setelah beberapa waktu berusaha mencari Kitab asli yang berbahasa Arab seperti yang dibaca oleh Ustad Adi Hidayat, akhirnya Allah izinkan kami mendapatkan Kitab itu dari sebuah toko buku. Alhamdulillah.

Dalam tulisan lanjutan ini kami ingin sampaikan hasil scan Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah yang berbahasa Arab, untuk melengkapi tulisan kami yang pertama.

Dari komentar pembaca yang percaya bahwa memang bagian penting itu dilompati. Kami dapat membagi menjadi 3 golongan besar ditinjau dari sikap mereka terhadap tulisan kami yaitu:

  1. Golongan yang menganggap bahwa Ustad Adi Hidayat sengaja melompati bab penting itu dan membenarkan beliau melompatinya. Golongan ini menganggap antara Ustad Adi Hidayat dan kami adalah dua pihak yang saling berlawanan. Mereka mendukung Ustad Adi Hidayat dan “memusuhi” kami. Diantara mereka ada yang berusaha menjatuhkan atau menjelek-jelekan tulisan kami ini,
  2. Golongan yang menganggap bahwa Ustad Adi Hidayat sengaja melompati bab penting itu dan menyalahkan sikap beliau telah melompatinya. Seperti point 1 di atas, Golongan ini menganggap antara Ustad Adi Hidayat dan kami adalah dua pihak yang saling berlawanan. Golongan ini sangat mendukung kami dan “memusuhi” Ustad Adi Hidayat. Mungkin diantara mereka ada yang men-share tulisan ini, yang menyebabkan tulisan ini sejak diterbitkan menjadi salah satu “best seller” dari seluruh tulisan kami.
  3. Golongan yang menganggap bahwa Ustad Adi Hidayat tidak sengaja melompati bab penting itu, karena alasan waktu yang terbatas. Golongan ini juga sangat mendukung tulisan kami, tetapi menganggap antara Ustad Adi Hidayat dan kami adalah dua pihak yang saling bantu dan melengkapi, sebagai orang Islam yang bersaudara yang saling tolong menolong dalam kebenaran. Golongan ini bersangka baik bahwa suatu saat nanti jika waktu lapang, Ustad Adi Hidayat pasti akan menyampaikan bagian penting yang telah dilompati itu, insya Allah.

Silakan masing-masing kita mengukur atau muhasabah diri, termasuk golongan manakah diri kita dari 3 golongan yang disebut di atas?

Seperti yang disampaikan oleh Ustad Adi Hidayat, Kitab itu adalah kumpulan Kitab tulisan KH Hasyim Asy’ari yang terdiri dari 19 Kitab.

Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jamaah atau judul lengkapnya Kitab Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah fi Haditisil Mauta wa Asyrothis Saa’ah wa Bayani Mafhumis Sunnah wal Bid’ah adalah Kitab kedua dari kumpulan 19 Kitab itu.

Mohon maaf bahwa hasil scan kami ada bagian yang agak gelap, sebab bukunya cukup tebal, sehingga sangat sulit untuk menekan seluruh halaman agar rata pada mesin scan, yang mangakibatkan sisi halaman yang dijilid (bagian dalamnya) agak terlihat gelap.

Cover Kitab bagian depan

Cover Kitab bagian belakang

Keterangan judul dan penerbit

Halaman 9 (sesuai dengan halaman yang disebut Ustad Adi Hidayat).

Dengan tambahan garis yang menandai text yang dilompati (lihat bagian 1).

Garis biru: penjelasan Ahlussunnah wal Jama’ah yang dimaksud, yang dianut oleh orang Jawa (Indonesia).

Garis merah: penjelasan aliran yang menyimpang (ajaran Ibnu Taimiyah dan Muhammad bin Abdul Wahab An-Najdi )

risalah-aswaja-arab-9_tandaygdilompati

Halaman 10

Dengan tambahan garis yang menandai text yang dilompati (lihat bagian 1).

Hampir dilompati seluruhnya kecuali paragraf terakhir (yang ketiga seperti disebut oleh Ustad Adi Hidayat)

Garis merah: penjelasan aliran yang menyimpang (ajaran Ibnu Taimiyah dan Muhammad bin Abdul Wahab An-Najdi)

risalah-aswaja-arab-10_tandaygdilompati

Halaman 11

Perlu kami tambahkan disini bahwa dalam File PDF terjemah pada tulisan Bagian penting Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah susunan KH Hasyim Asy’ari yang tidak diterangkan oleh Ustad Adi Hidayat yang  pertama (Terjemah Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah KH Hasyim Asy’ari)  perlu ada koreksi sedikit dalam bab yang dilompati yaitu pada keterangan apa itu pegangan Ahlussunnah wal Jamaah yang dianut oleh masyarakat Jawa (Indonesia). Koreksi itu adalah

…. dalam Tasawwuf ikut Imam Ghazali dan Imam Hasan As Syadzili.

Namun ini tidak mengubah esensi pegangan Ahlussunnah wal Jamaah, sebab memang Imam Junaid Al Baghdadi dan Imam Hasan As Syadzili adalah Ulama Tasawwuf yang menjadi rujukan dan panutan umat Islam Ahlussunnah wal Jama’ah di Indonesia bahkan seluruh dunia.

Wallahu a’lam

Artikel lain ada dalam Daftar Isi

Iklan

4 pemikiran pada “Bagian penting Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jama’ah susunan KH Hasyim Asy’ari yang tidak diterangkan oleh Ustad Adi Hidayat (2)

    1. Tuan Ismail Mawardi. terima kasih telah mengunjungi tulisan kami dan memberi komentar, semoga komentar anda bermanfaat untuk kita semua.
      Sayidina Ali karamallahu wajhah berkata, lihatlah apa yang dikatakan, jangan melihat siapa yang mengatakan.

      Suka

    1. Wa alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuhu.
      Terima kasih Tuan fuzy telah mengunjungi tulian kami. Mohon maaf kami tidak punya PDF-nya. Kami hanya punya buku aslinya. Thema tulisan di atas, adalah bagian penting yang tidak diterangkan oleh Ustad Adi Hidayat.
      Anda dapat cari di toko buku, atau pesan melalui pos,
      ini nomor telponnya : 0857 2821 1165 (Jogja)
      atau 0812 8625 1777 (Jakarta)
      harga Rp. 225.000

      mudah2an masih ada stoknya

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s