Allah sebagai Maha Pencipta di mata orang beriman dan orang musyrikin

Dalam Tauhid Rububiyah ajaran Tauhid dibagi 3 mengatakan bahwa orang beriman dan orang musyrikin sama-sama mengakui Tauhid Rububiyah berdasarkan QS Zukhruf 87

Surat Az-Zukhruf Ayat 87
Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab: “Allah”, maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah)?

Jika kita hanya melihat ayat ini saja dan tidak mendalami makna Robb atau Rububiyah maka kita akan langsung percaya dengan pernyataan ini. Namun sebagai orang beriman yang sudah mengenal arti Robb dan Sifat Rububiyah Allah akan segera menyadari bahwa pertanyaan itu tidak ada kaitannya dengan pengakuan bahwa Allah adalah Robb bagi mereka yang ditanya. Pertanyaan itu hanyalah berkaitan dengan pengakuan bahwa Allah adalah Pencipta bagi mereka yang ditanya, sesuai dengan pertanyaannya “Siapakah yang menciptakan mereka?“.

Kemudian apa perbedaan antara orang beriman dan orang kafir/musyrikin yang jsama-sama mengakui Allah sebagai Pencipta mereka?
Perbedaannya adalah orang beriman mengakui Allah tidak hanya sebagai Pencipta mereka tetapi juga sebagai Robb. Tuhan Yang Maha Pendidik, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang sebagai sifat utama Rububiyah Allah, sehingga orang beriman mengakui pula bahwa dirinya adalah marbub (hamba yang dididik)-Nya.
Sehingga bagi orang beriman langsung terbetik dalam hatinya apa hikmah dan tujuan Allah menciptakan manusia? Pertanyaan ini ada jawabannya dalam

QS Al Baqarah 30
Surat Al-Baqarah Ayat 30

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

Adz Dzariyat 56
Surat Adz-Dzariyat ayat 56
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Maka bagi orang beriman yang mengakui Allah sebagai Robb sebagai Tuhan yang Maha Pendidik faham bahwa tujuan Allah menciptakan mereka ialah mendapat tugas menjadi Khalifah untuk memakmurkan bumi ini dengan aturan Allah dan untuk beribadah kepada Allah.
Ayat ini juga menjelaskan bahwa pengakuan Tauhid Rububiyah, yaitu mengEsakan Allah sebagai Tuhan Yang Maha Pendidik juga berarti mengakui Tauhid Uluhiyah, mengEsakan Allah sebagai Tuhan Yang kita beribadah kepadaNya.
Jauh berbeda dengan anggapan ajaran Tauhid Rububiyah dalam Tauhid 3 bagian yang menyatakan pengakuan orang kafir musyrikin juga mengakui Tauhid Rububiyah, tetapi mereka tidak mengakui Tauhid Uluhiyah.
Mereka tidak pernah mengakui untuk bersedia menjadi marbub (yang dididik) oleh Allah sebagai Robb (Tuhan Yang Mendidik) mereka. Mereka tidak pernah bersedia untuk taat kepada Allah sebagai Robb Yang Maha Pendidik. Mereka tidak pernah pula mengakui untuk mengikuti sebaik-baik marbub yaitu Rasulullah SAW, bahkan dalam sejarah diceritakan mereka menentang Rasulullah SAW. Bagaimana mungkin orang musyrikin/kafir yang menentang Rasulullah SAW disebut mengakui Allah sebagai Robb (Tuhan Yang Mendidik) mereka?
Pada hakikatnya Al Qur’an menjelaskan bahwa pernyataan orang kafir mengakui Tauhid Rububiyah adalah mustahil sebab pernyataan “orang kafir” dan pernyataan “mengakui Tauhid Rububiyah” adalah saling bertentangan. Maka pernyataan bahwa orang beriman dan orang musyrikin sama-sama mengakui Tauhid Rububiyah dalam ajaran Tauhid 3 bagian adalah bathil.

Wallahu a´lam

Artikel lain ada dalam Daftar Isi

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s